Sabtu, 30 April 2011

Bab 11. Manajemen Resiko Keuangan

Pengelolaan Risiko Berbasis RSA

Risk Self Assessment (RSA) perlu dilakukan oleh masing-masing unit baik Pusat, Kanwil maupun Cabang, dengan tiga alasan mendasar :

Pertama, Risiko Operasional sebagai implementasi Basel II mulai diperagakan hampir seluruh lembaga perbankan. Karena seluruh perbankan nasional melaksanakan kajian manajemen risikonya lebih banyak berbasiskan pada risiko keuangan. Sedangkan Pegadaian sebagai lembaga yang bergerak di bidang jasa keuangan justru seharusnyalah paling tepat melaksanakan Risiko Operasional ini. Mengapa demikian ? Karena di Pegadaian hampir tidak ada investasi, bahkan coba tengok cabang-cabang kita, seluruhnya bergelut di bidang operasional. Spesisifik sekaligus unik. Dikatakan unik karena belum ada padanan setara dalam hal lembaga semacam di Indonesia, sehingga aplikasi sistim informasi dan teknologi di bidang manajemen risiko pun harus di create sendiri.

Kedua, Divisi Manajemen Risiko bukanlah superbody yang mampu mengelola risiko seluruh perusahaan. Ia hanya berfungsi sebagai verifikator atas proses identifikasi risiko dan RSA yang dilakukan oleh masing-masing unit. Dan ini prinsip !

Ketiga, pada prinsipnya pula berlaku adagium yang mengatakan bahwa SETIAP MANAJER ADALAH MANAJER RISIKO. Hal ini terkait erat dengan upaya sadar risiko pada diri tiap pegawai agar semakin tumbuh dengan harapan terjadi penggabungan pengelolaan pencapaian omzet sekaligus pengelolaan risikonya.

Oleh sebab itu RSA mutlak diketahui oleh para calon Manajer Cabang seluruh Indonesia yang saat ini sedang mengikuti diklat Pengelola Cabang. Terkait pula dengan visi perusahaan yang berkeinginan menjadi champion dalam pemberian kredit kepada golongan ekonomi lemah, maka sebuah penugasan layak diberikan kepada para calon pimpinan tersebut.

Kreasi sebagai sebuah nama produk dengan kepanjangannya : Kredit Angsuran Sistem Fidusia, perlu dikaji aspek risikonya sejak peng-identifikasi-an risiko hingga melahirkan Risk Register Kreasi sampai dengan Risk Self Assessment dan berujung pada Mitigasi risiko dan Close date-nya.

Analisis saudara sebagai jawaban atas tantangan soal alinea diatas bisa dijawab melalui "comments" dibawah ini dengan mencantumkan nama dan asal kedudukan, sehingga meski pilih klik "anonymous" tetap tampil identitas diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar